Layanan Dinas

Layanan Dinas / Opd

DATA PRODUK LAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN

UNTUK PROGRAM PENILAIAN KEPATUHAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK

SESUAI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK

TAHUN 2021

Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran

No Nama OPD Produk Pelayanan Non Perizinan Pengguna Layanan Ketersediaan Pengelolaan Pengaduan Keterhubungan Pengelolaan Pengaduan
Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran Pelayanan Informasi Umum dan Pengaduan masyarakat –         Loket Pengaduan

–         Whatsapp

Pejabat Pengaduan

0812 7832 0202

Operator Pengaduan

0898 7575 065

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
1 Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran Penyelenggaraan Angkutan

–         Rekomendasi izin Penyelenggaraan Angkutan ke Dinas PMPTSP

–         Rekomendasi Persetujuan Izin Trayek ke Kantor Samsat

–         Rekomendasi Keputusan Izin Trayek ke Dinas PMPTSP

–         Rekomendasi Kartu Pengawasan ke Dinas PMPTSP

–         Rekomendasi Surat Izin Insidentil ke Dinas PMPTSP

Badan Hukum Penyelenggaraa Angkutan –         Loket Pelayanan

–         whatsapp

Pejabat Teknis

0813 6902 3425

Petugas Operator

0822 8251 9516

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
2 Pemakaian Kekayaan daerah

– Kapal Motor

Masyarakat –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0853 6975 7437

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
3 Pengujian Kendaraan Bermotor Kendaraan Angkutan Orang dan Barang –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0821 8627 5818

Operator

0821 7953 5494

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
4 Rekomendasi Penyelenggaraan Parkir Kendaraan –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0821 8627 5818

Operator

0821 7953 5494

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
5 Retribusi  Pelayanan Parkir  Tempat Khusus Parkir Kendaraan –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0821 8627 5818

Operator

0821 7953 5494

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
6 Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kendaraan –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0821 8627 5818

Operator

0821 7953 5494

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
7 Retribusi Pelayanan Kepelabuhan Masyarakat –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0853 6975 7437

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas
8 Retribusi Penyebrangan di Air Masyarakat –         Loket Pelayanan

–         Whatsapp

Pejabat Teknis

0853 6975 7437

–         Email

Dishub2020pesawarankab@gmail.com

–         Instragam

Dishub_pesawaran

Sekretaris Dinas

JENIS LAYANAN, JANGKA WAKTU PEMBUATAN DAN BIAYA

PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PESAWARAN

             Sesuai dengan :

  1. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  2. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan
  6. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM. 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Masal Berbasis Jalan
  7. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang Perubahan ataa Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek
  8. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 15 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek
  9. Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 1 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha
  10. Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum
  11. Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan tertentu
  12. Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 3 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2013 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah
  13. Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Transportasi Darat
  14. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 31 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pelaksanaan Izin Trayek dan Perizinannya di Kabupaten Pesawaran
  15. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 48 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah di Kabupaten Pesawaran
  16. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 81 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Retribusi Pelayanan Patkir di Tepi Jalan Umum Wilayah Kabupaten Pesawaran
  17. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 82 Tahun 2018 tentang Perubahan Tarif Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum
  18. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 83 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Retribusi Tempat Khusus Parkir Wilayah Kabupaten Pesawaaran
  19. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 84 Tahun 2018 tentang Perubahan Tarif Retribusi Tempat Khusus Parkir
  20. Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesawaran
NO Jenis Layanan Jangka Waktu Pembuatan Biaya Persayaratan Masa Berlaku Izin
1. Non Perizinan Penyelenggaraan Angkutan
  a.     Rekomendasi Izin Penyelenggaraan Angkutan 7 Hari Kerja Gratis a.     Foto Copy Pemilik Perusahaan

b.     akta pendirian badan hukum dan/atau perubahan terakhir

c.     bukti pengesahan sebagai badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

d.     Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

e.     Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

f.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan hukum

g.     surat keterangan domisili badan hukum yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang

h.     surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi seluruh kewajiban sebagai pemegang izin penyelenggaraan angkutan umum dalam dan atau tidak dalam trayek, bermeterai dan ditandatangani pimpinan perusahaan

i.      memiliki minimal 5 unit kendaraan yang memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-unadangan

j.      surat pernyataan kesanggupan memiliki dan/atau bekerjasama dengan pihak lain yang mampu menyediakan fasilitas pemeliharaan kendaraan bermotor, bermeterai dan ditandatangani pimpinan perusahaan

k.     surat Perjanjian antara pemilik kendaraan atau anggota koperasi dengan Perusahaan Angkutan Umum yang berbentuk badan hukum Koperasi

l.      Rekomendasi Dinas Teknis atas pertimbangan berupa :

–         memiliki dan/atau menguasai tempat penyimpanan kendaraan yang memenuhi persyaratan teknis dan mampu menampung sesuai jumlah kendaraan yang dimiliki dan dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pemerintah setempat yang menyatakan luasnya mampu menyimpan kendaraan sesuai jumlah kendaraan yang dimiliki

–         terdapat kebutuhan kendaraan sesuai dengan hasil evaluasi dan penetapan kebutuhan kendaraan

–         rencana bisnis (business plan) Perusahaan Angkutan yang dituangkan dalam bentuk dokumen.

 

 

 

5 Tahun
  b.     Persetujuan Izin Trayek/Rekomendasi BBNKB Plat Kuning Angkutan Perdesaan ditujukan ke Samsat 7 Hari Kerja Gratis 1.     Surat Permohonan dari Perusahaan Angkutan

2.     Surat Kuasa dari pemilik Perusahaan Angkutan kepada petugas yang ditunjuk di atas matrai Rp. 10.000,-

3.     Foto Copy KTP Petugas

4.     Foto Copy STNK dan BPKB

5.     Foto Copy KIR (Kartu KIR Barcode)

6.     Foto Copy Surat Izin Penyelenggaraan Angkutan

7.     Unit Memenuhi SPM Angkutan Orang

2 Bulan
  c.     Rekomendasi Keputusan Izin Trayek ditujukan ke Dinas PMPTSP 7 Hari Kerja 1.     Foto Copy KTP

2.     Foto Copy STNK dan BPKB

3.     Foto Copy KIR (Kartu KIR Barcode)

4.     Foto Copy Iuran Asuransi Jasaraharja

5.     Mengisi SPORD setiap Perizinan

5 Tahun
  –          Mobil Penumpang Rp. 200.000,- idem idem
  –         Taxi Rp. 300.000,- idem idem
  –         Bus AC idem idem
  o    Bus Kecil Rp. 250.000,- idem idem
  o    Bus Sedang Rp.  300.000,- idem idem
  –         Bus Non AC idem idem
  o    Bus Kecil Rp. 250.000,- idem idem
  o    Bus Sedang Rp.  300.000,- idem idem
  d.     Rekomendasi Kartu Pengawasan ditujukan ke Dinas PMPTSP 7 Hari Kerja 50 % dari Retribusi Trayek 1.     Foto Copy KTP

2.     Foto Copy Izin Trayek dan Kartu Pengawasan

3.     Foto Copy STNK dan BPKB

4.     Foto Copy KIR (Kartu KIR Barcode)

5.     Foto Copy Iuran Asuransi Jasaraharja

1 Tahun
  e.     Rekomendasi Izin Insidentil ditujukan ke Dinas PMPTSP 1 Hari Kerja 5 % dari Retribusi Trayek 1.     Surat Permohonan

2.     Foto Copy KTP dan SIM Pengemudi

3.     Foto Copy Izin Trayek dan Kartu Pengawasan

4.     Foto Copy KIR

5.     Wajib mengembalikan izin setelah selesai masa berlaku

Maksimal 14 Hari
2. Pemakaian Kekayaan Daerah 1.     Surat Permohonan Pemakaian Kekayaan Daerah

2.     Foto Copy KTP

3.     Surat Kesanggupan Perawatan

4.     Mengisi SPORD setiap peminjaman

Sesuai Permohonan
  a.     Truck (Rusak Berat) 2 Hari Kerja Rp. 350.000,- idem idem
  b.     Kendaraan Derek (tidak ada) 2 Hari Kerja Rp. 600.000,- idem idem
  c.     Kapal Motor 2 Hari Kerja Rp. 500.000,- idem idem
3. Pengujian Kendaraan Bermotor 1.     Foto Copy KTP

2.     Foto Copy STNK dan BPKB

3.     Foto Copy KIR (Kartu KIR Barcode)

4.     Membawa kendaraan untuk pemeriksaan

5.     Mengisi SPORD setiap perizinan

6 Bulan
  a.     Administrasi 1 Hari Kerja Rp. 3.500,- idem idem
  b.     Pengujian 1 Hari Kerja idem idem
  c.     Jenis Mobil Penumpang idem idem
  o    Mikrolet, Minibus, Taxi Rp. 5.000,- idem idem
  o    Bus Kecil, Bus Sedang, Bus Besar Rp. 8.500,- idem idem
  d.     Jenis Mobil Barang idem idem
  o    Pick Up Rp. 5.000,- idem idem
  o    Truck, Bok Rp. 8.500,- idem idem
  o    Truck Gandeng, Trailer, Kereta Gandeng, Kereta Tempel Rp. 7.500,- idem idem
  e.     Biaya Buku Uji 1 Hari Kerja Rp. 9.000,- idem idem
  f.      Biaya Plat Uji baut dan kawat segel 1 Hari Kerja Rp. 6.000,- idem idem
  g.     Biaya Pembuatan dan pengecetan Plat  Samping 1 Hari Kerja Rp. 2.500,- idem idem
  h.     Penggantian Buku Uji yang rusak

 

 

 

 

1 Hari Kerja Rp.10.000,- idem idem
  i.      Penggantian tanda uji yang rusak atau hilang

 

1 Hari Kerja Rp. 9.000,- idem idem
4 Rekomendasi Izin Penyelenggaraan Parkir di Tujukan ke Dinas PMPTSP 7 hari kerja geratis a.     Izin diberikan untuk pendirian dan penyelenggaraan fasilitas parkir umum yang diselenggarakan di luar Ruang Milik Jalan baik berupa gedung parkir mauspun taman parkir oleh perseorangan warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia berupa usaha khusus perparkiran; atau penunjang usaha pokok.

a.     Membuat surat permohonan izin pengelolaan parkir ditujukan kepada Bupati melalui Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;

b.     foto copy KTP;

c.     foto copy sertifikat tanah atau bukti perolehan hak lainnya baik yang menyatu dengan usahanya maupun tidak/berdiri sendiri atau surat perjanjian tentang kepemilikan tanah;

d.     foto copy bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) yang terakhir;

m.    akta pendirian badan hukum dan/atau perubahan terakhir (untuk badan hukum)

n.     bukti pengesahan sebagai badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (untuk badan hukum)

o.     Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

p.     Tanda Daftar Perusahaan (TDP) (untuk badan hukum)

q.     Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan hukum

e.     surat keterangan domisili badan hukum yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang (untuk badan hukum)

f.      foto copy NPWP;

g.     foto copy Akte Pendirian Perusahaan (untuk badan hukum);

h.     foto copy izin mendirikan bangunan;

i.      foto copy izin gangguan;

j.      dokumen Andalalin untuk (pendirian bangunan yang diwajibkan sesuai peraturan perundang-undangan)

k.     pas photo berukuran 3 x 4, sebanyak 4 lembar untuk petugas parkir;

l.      peta lokasi tempat fasilitas parkir untuk umum;

m.    denah marka parkir, luas area parkir dan perhitungan kapasitas parkir;

n.     Setelah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dilakukan penelitian ke lokasi pembangunan dan penyelenggaraan fasilitas parkir untuk umum oleh OPD teknis (Dinas Perhubungan) dan Badan Pendapatan Daerah).

o.     penelitian sebagaimana dimaksud dibuat dalam berita acara (rekomendasi) sebagai bahan pertimbangan Bupati dalam memberikan izin.

p.     Penerima izin Penyelenggaraan dan Pembangunan Fasilitas Parkir Umum masuk kedalam potensi Wajib Pajak Parkir dan menjadi Objek Wajib Parkir terhitung dari pengoprasian usahanya.

2 Tahun
5 Retribusi Pelayanan Parkir Tempat Khusus Parkir
  a.     Parkir di tempat khusus
  o    Kendaraan Roda 2 dan 3 karcis Rp. 2.000,-/parkir Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  o    Kendaraan Roda Empat (Sedan, Jeep, Station Wagon/minibus dan Pick up) karcis Rp. 3.500,-/parkir Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  o    Kendaraan Truk, Bus, Kereta Gandengan, Tronton, Trailer, dan Alat Berat

 

 

 

karcis Rp. 5.000,-/parkir Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  b.     Parkir berlangganan
  o    Kendaraan Roda 2 dan 3 karcis Rp. 30.000,-/bulan Parkir pada fasilitas parkir bulan
  o    Kendaraan Roda Empat (Sedan, Jeep, Station Wagon/minibus dan Pick up) karcis Rp. 50.000,-/bulan Parkir pada fasilitas parkir bulan
  o    Kendaraan Truk, Bus, Kereta Gandengan, Tronton, Trailer, dan Alat Berat karcis Rp. 60.000,-/bulan Parkir pada fasilitas parkir bulan
  c.     Tempat parkir bangunan umum dan parkir insidentil
  o    Kendaraan Roda 2 dan 3 karcis Rp. 2.000,-/parkir Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  o    Kendaraan Roda Empat (VSedan, Jeep, Station Wagon/minibus dan Pick up) karcis Rp. 3.500,-/parkir Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  o    Kendaraan Truk, Bus, Kereta Gandengan, Tronton, Trailer, dan Alat Berat karcis Rp. 5.000,-/parkir Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
6 Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum
  o    Kendaraan Roda 2 dan 3 karcis Rp. 2.000,- Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  o    Kendaraan Roda Empat (VSedan, Jeep, Station Wagon/minibus dan Pick up) karcis Rp. 3.000,- Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
  o    Kendaraan Truk, Bus, Kereta Gandengan, Tronton, Trailer, dan Alat Berat karcis Rp. 4.000,- Parkir pada fasilitas parkir 1 kali
7 Retribusi Pelayanan Kepelabuhan
  a.     Retribusi Pas Masuk Pelabuhan untuk penumpang/pengantar/penjemput (fasilitas ruang tunggu/peron):
  o    Dewasa Rp. 2.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang sekali masuk
  o    Anak-anak Rp. 1.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang sekali masuk
  o    Berlangganan Rp. 30.000,- Tiap menggunakan jasa- Orang/bulan
  b.     Retribusi Tarif Sandar atau labuh
  o    Dermaga Beton Rp. 5.000,- Tiap menggunakan jasa- Kapal/Sekali tambat
  o    Dermaga Ponton Rp. 3.000,- Tiap menggunakan jasa- Kapal/Sekali tambat
  c.     Retribusi Bongkar Muat orang dan Barang
  o    Bongkat muat Barang Rp. 5.000,- Tiap menggunakan jasa- Setiap sandar labuh Kapal
  o    Bongkar muat orang Rp. 5.000,- Tiap menggunakan jasa- Setiap sandar labuh Kapal
  d.     Retribusi Sewa Lahan
  o    Kantor Rp. 100.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  o    Kios/petak Rp. 50.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  o    Rumah makan/cafeteria /atau warung Rp. 75.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  o    reklame Rp. 200.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  o    Spanduk Rp. 50.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  o    Umbul-umbul Rp. 20.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  o    Spot counter promotion/ stand promotion Rp. 20.000,- Tiap menggunakan jasa- Perbulan
  e.     Retribusi Penumpukan Barang Rp. 2.000,- Tiap menggunakan jasa- Permeter kubik perhari
  d.     Retribusi Pelayanan dan Fasilitas Kamar Mandi/kamar kecil:
  o    mandi Rp. 2.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang
  o    Buang air besar/kecil Rp. 1.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang
8 Retribusi Penyebrangan di Air
  a.     Pemberangkatan dari Dermaga 4 Ketapang ataupun sebaliknya Tujuan Pulau Pahawang
  o    Orang dewasa karcis Rp. 20.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang
  o    Anak – anak karcis Rp. 15.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang
  o    Barang karcis Rp. 2.000,- Tiap menggunakan jasa- Per kilogram
  b.     Pemberangkatan dari Dermaga 4 Ketapang ataupun sebaliknya Tujuan Pulau Legundi
  o    Orang dewasa karcis Rp. 40.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang
  o    Anak – anak karcis Rp. 35.000,- Tiap menggunakan jasa- Per orang
  o    Barang karcis Rp. 2.000,- Tiap menggunakan jasa- Per kilogram

SARANA DAN PRASARANA FASILITAS

Sarana dan prasarana fasilitas tersebut diantaranya:

  1. Loket pelayanan
  2. Musholah
  3. Ruang menyusui
  4. WC untuk pria dan wanita

Pengelolaan Pengaduan

Jangan alergi dengan pengaduan dari pengguna pelayanan. Laporan yang mereka sampaikan adalah aspirasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Berikut ini indikator pemenuhan fungsi pengelolaan pengaduan:

Ketersediaan sarana pengaduan (Kotak Pengaduan/ SMS / Telepon / Fax / Email)

Ketersediaan Informasi Prosedur dan Tatacara Penyampaian pengaduan 

Penilaian Kinerja 

Apa ukuran sebuah penyelenggaraan pelayanan publik yang baik? Salah satunya adalah penilaian dari pengguna layanan. Dari mereka, penyelenggara pelayanan akan memperoleh banyak asupan opsi peningkatan pelayanan. Boleh jadi, sarana itu berupa kotak kepuasan pelanggan, kuesioner kepuasan pelanggan atau sarana digital dalam rupa layar sentuh. Poin pentingnya adalah “Masukan dari pengguna akan memperkaya opsi peningkatan layanan publik”

Visi, Misi dan Motto pelayanan 

VISI DAN MISI KABUPATEN PESAWARAN

VISI :

Bersama Masyarakat Pesawaran Mewujudkan Cita-Cita Luhur, Mewujudkan Kabupaten Pesawaran Yang Maju, Makmur dan Sejahtera

Misi :

  1. Mewujudkan Pemerintah Yang Bersih, Terpercaya dan Melayani
  2. Mewujudkan Infrastuktur Mantap dan Berkualits
  3. Mewujudkan Terciptanya Masyarakat Yang Sehat Jasmani dan Rohani
  4. Mewujudkan Pendidikan Yang Terjangkau, Berkualitas dan Bermartabat
  5. Mewujudlan Petani Yang Makmur dan Sejahtera berbasis Agribisnis
  6. Mewujudkan Sumberdaya Manusia yang Unggul dan Kreatif Serta Memperkuat Perekonomian Daerah
  7. Optimalisasi Sumber Daya Alam Untuk Kesejahteraan Masyarakat
  8. Mewujudkan Desa Tangguh dan Mandiri

Visi dan Misi Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran

Visi :

Mewujudkan Pelayanan Jasa Perhubungan yang Kompetitif Untuk Mendukung Percepatan Kemajuan Ekonomi Daerah

Misi :

  1. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sarana dan Prasarana Perhubungan
  2. Meningkatkan Jasa Pelayanan Bidang Perhubungan
  3. Memperluas Jaringan Pelayanan Jasa Perhubungan
  4. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Insan Perhubungan

Moto Pelayanan

Pelayanan Perhubungan Yang Aksebilitas, Berkualitas, Aman, Nyaman, Handal Serta Memberikan Nilai Tambah Kepada Masyarakat

Atribut 

Apa yang membedakan penyelenggara dan pengguna layanan secara kasat mata? Jawabannya boleh jadi seragam atau kartu identitas. Dua komponen ini yang secara tegas membedakan penyelenggara dengan pengguna pelayanan. Dengan mengenakan dua komponen itu, pengguna akan lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan penyelenggara terkait layanan yang tersedia.

Pengenaan komponen tersebut juga bisa mencegah keberadaan penyusup dan akan lebih menjamin keamanan pelayanan. Selain tentunya, meningkatkan tanggung jawab pelaksana pelayanan dalam menyampaikan kerja pelayanan kepada masyarakat. Dengan mengenakan atribut ini, pelaksana tidak bisa bersikap diluar kode etik pelayanan lantaran mereka akan menjadi sorotan dan obyek pelaporan masyarakat yang mengetahui nama dan jabatan pelaksana. Komponen indikator dalam penggunaan atribut, misalnya adalah menggunakan id card.